The Journal Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan

Tujuan dari Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan adalah untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mempunyai nilai praktis dan berkontribusi terhadap pengembangan teori dan praktik di bidang pendidikan. Artikel-artikel dalam jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji peran agama dan pendidikan agama dalam konteks pembangunan nasional. Jurnal ini terbuka untuk peneliti, praktisi pendidikan, pejabat pemerintah, dan anggota komunitas. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal ini memuat informasi dan temuan ilmiah yang telah diverifikasi menggunakan metode ilmiah yang valid.


Pedagogi pendidikan agama adalah proses belajar mengajar yang melibatkan mendidik siswa tentang ajaran dan nilai-nilai agama tertentu. Pedagogi tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti penyampaian ceramah dan tutorial, melakukan kerja lapangan dan percobaan laboratorium, serta memfasilitasi perolehan pengetahuan dan keterampilan dengan memberikan kesempatan praktik. Selain itu, pedagogi pendidikan agama juga mencakup proses pengembangan kepribadian siswa melalui pembinaan pembentukan karakter dan nilai-nilai moral yang sejalan dengan agama tertentu.


Secara umum mutu lembaga pendidikan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan masyarakat. Sebab, kualitas pendidikan erat kaitannya dengan kualitas hidup dan sumber daya manusia di masa depan. Namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas suatu lembaga pendidikan, seperti masalah keuangan, standar akademik yang rendah, dan infrastruktur yang tidak memadai. Oleh karena itu, penting untuk terus meningkatkan mutu lembaga pendidikan guna memenuhi kebutuhan penduduk yang terus bertambah dan kemajuan ilmu pengetahuan.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan keagamaan terhadap mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Pangandaran. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan keagamaan dengan mutu pendidikan di madrasah. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,663 yang menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap mutu pendidikan di madrasah. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan


Temuan penelitian ini akan bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan pendidikan agama di Indonesia. Hal ini dikarenakan kegiatan keagamaan dapat meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dengan mempengaruhi perilaku dan sikap guru, siswa, dan orang tua. Selain itu, kegiatan keagamaan juga mampu mengembangkan karakter dan kepribadian peserta didik terutama dalam hal moralitas dan kedisiplinan. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan kualitas madrasah. Pada akhirnya, kegiatan keagamaan akan membantu meningkatkan jumlah lulusan yang mampu bekerja di masa depan.


Comments

Popular posts from this blog

The Benefits of Playing a Demo Slot Gacor X5000

Fryd Official Website

Skateparks En Barcelona